Kores Agung

| Senin, 11 Maret 2013

MUNCUL DI


 POTRET MASA LALU

Kores Agung

Pada malam tanggal 5/6 Oktober 539 SM, menurut penanggalan modern, terjadi sesuatu yang tampaknya mustahil di kota Babilon, ibu kota Imperium Babilonia. Pada malam yang menentukan itu, kota itu ditaklukkan oleh pasukan Media dan Persia, di bawah komando Raja Persia Kores, juga dikenal sebagai Kores Agung. Strateginya brilian.

BAGAIMANA KORES MEREBUT BABILON

”Tatkala Kores mengincar Babilon, kota itu telah menjadi kota paling tersohor di antara kota-kota di Timur Tengah—mungkin dari semua kota di dunia,” kata buku Ancient World Leaders—Cyrus the Great. Babilon dilalui Sungai Efrat, yang juga memenuhi parit yang melingkungi tembok kota yang sangat besar—kombinasi pertahanan yang membuat kota itu tampak mustahil ditaklukkan.
Di hulu sungai, anak buah Kores mengalihkan Sungai Efrat, sehingga permukaan air di kota itu surut. Para prajurit lantas menyeberangi sungai itu menuju gerbang-gerbang kota, yang dibiarkan terbuka, dan menduduki Babilon tanpa perlawanan berarti. Menurut sejarawan Yunani Herodotus dan Xenofon, orang Babilonia merasa sangat aman di balik pertahanan kota mereka sehingga pada malam penyerangan itu, banyak yang berpesta, termasuk rajanya! (Lihat kotak  ”Tulisan Tangan di Dinding”.) Selain itu, penaklukan Kores menggenapi beberapa nubuat Alkitab yang menakjubkan.
Penaklukan Babilon oleh Kores dinubuatkan dalam Alkitab

 PREDIKSI YANG MENAKJUBKAN

Nubuat-nubuat Yesaya khususnya patut diperhatikan karena itu dicatat kira-kira 200 tahun sebelumnya—kemungkinan 150 tahun sebelum Kores lahir! Perhatikan hal-hal berikut:

PEMBEBASAN MUKJIZAT

Lama berselang, pada 607 SM, prajurit Babilonia menghancurkan Yerusalem dan membawa sebagian besar orang yang selamat ke pembuangan. Berapa lama orang Yahudi akan ditawan? Allah berkata, ”Apabila tujuh puluh tahun telah digenapi, aku akan meminta pertanggungjawaban dari raja Babilon dan bangsa itu . . . dan aku akan menjadikannya tempat yang tandus dan telantar sampai waktu yang tidak tertentu.”Yeremia 25:12.
Seperti disebutkan, Kores merebut Babilon pada 539 SM. Tak lama setelah itu, ia membebaskan orang Yahudi, yang mulai tiba di kampung halaman mereka pada 537 SM—tepat 70 tahun setelah pembuangan mereka. (Ezra 1:1-4) Sedangkan Babilon, ia akhirnya menjadi ”tempat yang tandus dan telantar”—sekali lagi meneguhkan keakuratan nubuat Alkitab.

MENGAPA ANDA PERLU TAHU?

Pikirkan ini: Alkitab menubuatkan (1) pembuangan orang Yahudi selama 70 tahun, (2) penaklukan Babilon oleh Kores dan aspek-aspek kunci dari strateginya, dan (3) kehancuran total Babilon. Pengetahuan di muka seperti itu mustahil berasal dari manusia belaka! Kesimpulan yang lebih masuk akal adalah ini, ”Nubuat tidak pernah dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi manusia mengatakan apa yang berasal dari Allah.” (2 Petrus 1:21) Tentu, Alkitab layak kita perhatikan.




0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲